Bagaimana Cara Instalasi Aplikasi SIMAK BMN 2016 Versi 16.1.2 update 17 Januari 2017

Cara Install ulang Aplikasi SIMAK BMN 

update simak

Sejak di release mulai tahun 2005 Aplikasi Penatausahaan BMN yang kita familiar menyebutnya SIMAK BMN,  mengalami beberapa kali perubahan baik dari sisi nama maupun update structure database. Update ini diperlukan untuk mengakomodir setiap perubahan kebijakan dan peraturan tentang pengelolaan dan penatausahaan BMN.  Ada beberapa penyebab  aplikasi SIMAK BMN malfunction/tidak dapat beroperasi sesuai dengan semestinya, diantaranya :

  • Virus (Malware)
  • Operating System (Windows) yang corrupt

Ketika dua kondisi diatas terjadi apa yang harus kita lakukan?

  • Virus (Malware)
  1. Jika Aplikasi SIMAK BMN terdeteksi sebagai malware oleh antivirus yang terinstall/terpasang pada komputer kita, kita harus mendisable/non aktifkan sementara antivirus tersebut
  2. .Selamatkan database SIMAK BMN yang berada pada PC/Laptop kita (asumsi SIMAK BMN tidak bisa running/login), dengan cara :
  •  Mematikan Mysql service pada Pada FOLDER C:\Program File > dbbmn10 > doble klik “mysql-stop.bat”
  •  Kemudian Copy Folder Database Simak-Bmn dengan copy folder “dbbmn10” dan masukkan ke Flashdisk/HDD external.
        – Lokasinya: C:\Program File > dbbmn10

3. Lakukan bersih2x dulu pada laptop/pc kita, setelah dirasa tidak ada Virus yang menginfeksi komputer kita installasi ulang aplikasi simak bmn

  • Berikut ini kami sampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan agar proses Instalasi berjalan dengan sukses. 
  1. Download Installer Aplikasi SIMAK BMN, setelah berhasil di download lakukan eksekusi pada installer aplikasi SIMAK BMN tersebut ( tekan Next – Finish), untuk melakukan eksekusi installer SIMAK BMN, ikuti sesuai dengan nomor  urut (mulai 001-009) yang tertera pada Aplikasi SIMAK BMN tersebut.

2. Setelah semua proses instalasi sudah dilakukan, sekarang tinggal proses pengembalian data base simak BMN. Caranya hampir mirip dengan proses                  penyelamatan database simak bmn yang sudah kami sampaikan diatas, yang membedakan hanya tujuan dari copy folder tersebut. Adapun jika sudah memiliki  backup database (*.bac) tinggal direstore saja dengan catatan sebelum error aplikasi simak bmn sudah terupdate versi 16.

Selamat mencoba semoga berhasil…..

TIM BMN Universitas Jember

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *